Surveilans Kesehatan Masyarakat Oleh Prof. Dr. Ridwan Amiruddin, SKM.,M.Kes.,MSc.PH.


Sinopsis

Surveilans telah memberi dampak yang sangat luas dalam berbagai bidang termasuk dalam bidang kesehatan. Aplikasi surveilans dalam kesehatan memiliki keunikan tersendiri yang memerlukan pengkajian khusus, bagaimana melakukan deteksi dini terhadap berbagai masalah kesehatan sehingga dapat mengurangi dampak buruk bagi kesehatan.

Pemahaman yang baik terhadap system surveilan akan mengantarkan kita pada kemampuan melakukan pengendalian terhadap berbagai penyakit dan masalah kesehatan yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Secara singkat buku ini mengajak pembaca untuk melakukan kajian dan tindakan nyata dalam mengembangkan surveilan langkah demi langkah, mulai dari identifikasi masalah, analisis data sampai pada tindak lanjut program. Penulisan buku ini diilhami oleh masih terbatasnya referensi  tentang surveilans yang berbasis wilayah, disamping itu  atas dukungan pengalaman penulis melakukan riset tentang surveilan dalam rangka melakukan respon epidemic H1N1, DBD dan Malaria bersama Dinas Kesehatan Prop.Sulawsi Selatan  serta dukungan kementerian pendidikan Indonesia dalam program academic recharging di Griffith Australia.

Harapan penulis  buku ini dapat digunakan oleh  mahasiswa tingkat sarjana maupun pascasarjana yang sementara belajar tentang  surveilans kesehatan begitu juga bagi praktisi kesehatan dalam mengembangan program surveilans yang lebih baik.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s