Stranded the end of October 2011.


Sahabatku..

Akhir bulan Oktober 2011, maskapai spirit of Australia “Qantas” mengkandangkan seluruh pesawat yang dia miliki di lebih 20 lokasi di seluruh dunia, dan itu berdampak luar biasa bagi ekonomi, pariwisata dan berbagai kegiatan lainnya, pemandangan dibandara sangat menyedihakn, penumpan terlantar, kelaparan, stress, dan bingun. Pihak Qantas tidak mampu menahan gempuran tiga serikat kerja, pilot, angkutan darat, dan pekerja di bandara. Semua ini berawal dari, keinginan ‘Qantas” untuk mengurangi jumlah karyawannya lebih 1000 orang, dan akan melakukan outsourcing  karyawan.

Keresahan seluruh pekerja “Qantas” semakin menjadi-jadi sampai puncaknya di akhir oktober (29/1002011), pihak manajement Qantas meng ‘ground’ kan seluruh armadanya, dan kepanikan pun menjalar keseluruh penjuruh. berbagai pihak mulai saling menyalahkan, dari manajemen penerbangan ;’ tentu dia menyalahkan demonstrasi tenaga kerja secara intens  2 bulan terakhir, dan rupanya  “Qantas” merespon dengan menutup seluruh penerbangannya di seluruh dunia.

Ini menjadi menarik bagi saya pribadi karena pada periode kritis itu, keluarga saya; isteri dan  anak saya ada dalam jadwal penerbangan 30-31 oktober menuju Australia. Setelah dilanda panik seharian di Jakarta, tentang pembatalan keberangkatan; titik cerah mulai muncul, pihak qantas menelpon bahwa, penerbangan ibu di alihkan ke garuda, menuju Singapura, kemudian dilanjutkan dengan Etihad Ke Brisbane , dan Insya Tiba di Brisbane pada tanggal 31 Oktober 2011. waktu tulisan ini dibuat, mereka masih sementara  dalam penerbangan ke Singapura.

Besok, Insya Allah akan tiba di Bandara Brisbane. Pelajaran singkat dari hal ini adalah bahwa, terdapat begitu banyak hal diluar kendali kita, karena itu, tiada tempat untuk bersandar kecuali pada Kuasa Allah Semata. Dialah yang telah mengatur jalannya tatasurya, siklus musim, sampai pada unsur  terkecil dari kehidupan.

Hal yang bisa kita lakukan adalah, berfikir rasional, mencermati perkembangan, bersabar dan senantiasa berdoa bahwa semua hal yang terjadi ini adalah sudah digariskan adanya. Karena itu, Yah Allah, kepasrahan penuh ada padamu, untuk seluruh kebaikan, semoga engkau berkenan. Amin ya rabbal Alamin.

 

R.A.

BNE; 30 oct 11.

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s